28 Maret 2009

Gurami Asam Manis

Hari Sabtu begini mestinya mama libur dan bisa bersantai sama mas Angga. Tapi tetep aja, karena kewajiban kantor yang nggak bisa ditinggal, jadinya harus merelakan mas Angga yang ditinggal di rumah. Pagi ini sebelum ke kantor, diniatin untuk masakin mas Angga dulu. Cukup spesial buat mama, soale sebenarnya mama yang pengen masakan ini dari kemaren-kemaren. Kalo biasanya kita beli jadi, kali ini mama penasaran juga pengen buat sendiri. Dan ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. (makanya kalo masak jangan dibayangkan tapi dilakukan, hehe)
Rata Penuh


Gurami Asam Manis

Bahan:
1 ekor ikan gurami, cuci bersih, lumuri perasan air jeruk nipis
2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt garam
3 sdm tepung bumbu/panir

Bahan saus:
1 butir bawang bombay, iris
2 siung bawang putih, iris
3 siung bawang merah, iris
2 cm jahe, iris
2 buah wortel, potong korek api
1 buah cabe merah besar, iris
2 buah tomat, seduh air panas, peras airnya
1 sdm saus tomat
1 sdt tepung maizena, larutkan dalam 1 sdm air

Cara:
1. Haluskan bawang putih, ketumbar dan garam, beri air sedikit. Lumuri ikan dengan bumbu halus sampai rata, diamkan kurang lebih 30 menit. Balur dengan tepung bumbu/panir, goreng hingga matang kekuningan.
2. Saos: Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan bawang bombay, cabe merah dan jahe. Masukkan irisan wortel, lalu tambahkan air perasan tomat (boleh ditambah air), masak hingga mendidih. Masukkan saos tomat dan larutan maizena, tambahkan garam dan gula secukupnya, aduk, angkat.
3. Letakkan gorengan ikan di atas piring, lalu siram dengan saus di atasnya.

Tidak ada komentar: