04 Mei 2010

Semur Kembang Tahu

Kembang tahu memang memiliki rasa dan tekstur tersendiri. Biasa digunakan sebagai campuran dalam sup atau sebagai kulit pembungkus dim sum, dsb. Bentuknya yang tipis dan kering memudahkan untuk disimpan dan tahan lama.

Kembang tahu ini merupakan makanan favorit suamiku. Masakan yang ada kembang tahunya pasti dia suka. Salah satu masakan yang jadi idolanya adalah semur kembang tahu. Bahan dan cara membuatnya pun mudah dan praktis, sehingga pasti sudah terjadwal di menu bulanan rumah.

Semur ini mungkin berbeda dengan semur kebanyakan. Kalo dilihat, mungkin lebih cocok disebut sup. Tapi apalah arti sebuah nama, yang penting kan rasanya, hehehe.



Semur Kembang Tahu
By: Veronica

Bahan:
250 gr daging sapi
1 bks kembang tahu, rendam dalam air
1,5 lt air
1 sdm kecap manis
7 buah cabai rawit utuh (bisa ditambah jika ingin pedas)
1 sdt merica bubuk
1 sdt bubuk kaldu
garam, gula

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
3 buah cabai rawit

minyak untuk menumis

Cara:
1. Rebus daging dalam air hingga sedikit lunak. Potong kotak-kotak lalu masukkan kembali dalam sir rebusan tadi (kaldu). Tambahkan cabe rawit utuh, rebus lagi dengan api kecil.
2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan merica bubuk, garam, gula dan kecap manis, angkat. Tuang dalam air kaldu daging, aduk-aduk hingga rata. Masak hingga mendidih dan bumbu meresap.
3. Setelah mendidih dan daging lunak, masukkan kembang tahu, kaldu bubuk, aduk hingga rata. Jika rasanya sudah pas, matikan apinya. Sajikan hangat.

Request suamiku selalu sama, 'dagingnya sedikit aja ma, tapi kembang tahunya yang banyak'.

Tidak ada komentar: