07 Februari 2009

Brownies

Di sela jam istirahat kantor, mama meluncur ke TBK terdekat buat ngelengkapin bahan (meskipun kadang belum tahu mau buat kue apa). Tapi gini nih enaknya kalo lokasi kantor deket sama TBK, biar bahan kue habis atau ada yang kurang jadi nggak panik deh. Untung load di kantor nggak terlalu tinggi, jadi pulang kantor pun terasa ringan dan sekaligus bisa membayangkan kue apa yang bakal dipraktekkan nanti.

Dalam perjalanan ke rumah, terbersit pengen sesuatu yang manis, legit dan coklat. Dan ide langsung tertuju pada kue brownies. Cake ini memang sudah tidak asing lagi buat kita. Secara mama juga sudah oke dan selalu sukses untuk membuatnya. Hanya saja belum pernah buat yang dipanggang/dioven, kalo yang dikukus sih sudah absolutely expert deh (gaya hehehe). Kali ini coba yang dipanggang ahh..



Waktu si kue udah keluar dari oven, mama gak berani langsung ngincipin. Tunggu besok aja ah, biar papa yang ngomentarin. Dan mama langsung nyusul si ciprut di tempat tidur.
Pagi itu:
Papa: 'Ma, would you give me a slice of cake that you made last night?'
Mama: ' Absolutely Pa' (sambil kegirangan)
Abis dipotong-potong, taruh di piring kecil,
dikasihin ke papa, eh papa kok langsung ngeloyor pergi. Ternyata papa menikmati sarapan bropang (brownies panggang) sambil duduk di ayunan sama mas Angga (bahagia banget ngeliat mereka kompak). Dan ternyata mama teruji lulus juga buat brownies yang dipanggang ini (duh senengnya hehehe).















Brownies

Bahan:
125 gr margarine
150 gr coklat masak
50 ml susu cair
1 sdm rhum
3 butir telur

50 gr gula pasir
100 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
kacang almond secukupnya (untuk hiasan)

Cara:
Lelehkan margarine dan coklat masak dengan di tim, dinginkan. Tambahkan dengan susu cair dan rhum, aduk rata, sisihkan.
Kocok gula dan telur sampai putih mengembang. Masukkan tepung terigu dan baking powder, aduk rata. Tuang campuran margarine, coklat dan susu ke dalam campuran terigu, aduk hingga rata.
Masukkan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti dan dioles margarine. Panggang dalam oven kurang lebih 30 menit.


Tidak ada komentar: